BOS Tak Kunjung Cair, Ratusan MI di Garut Tetap Selenggarakan Ujian

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah yang salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan nasional. Bantuan ini berupa dana untuk membantu operasional lembaga pendidikan dasar (SD/MI) dan menengah pertama (SMP/MTs). Dengan BOS ini, pemerintah tentunya berharap tak ada lagi alasan bagi anak-anak usia sekolah dasar dan menengah pertama untuk tidak bersekolah dikarenakan tak ada biaya.

Namun tak selamanya penyaluran dana BOS ini lancar. Saat ini saja memasuki akhir triwulan, seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Garut masih belum menerima dana BOS tersebut. Hal ini dibenarkan Jajang, kepala salah satu MI swasta di Garut seusai dari kantor Kasi Pendidikan Madrasah Garut, Jum'at (22/03).
"Ya, memang benar, dana BOS masih belum kami terima. Padahal Senin besok kami harus melaksanakan UAMBN (Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional). Belum lagi setelah itu langsung dilanjutkan dengan UM (Ujian Madrasah)."


Dana BOS sejatinya harus dapat dicairkan setiap awal triwulan. Tentu saja untuk triwulan sekarang harusnya dana BOS dapat dicairkan pada bulan Januari 2013 yang lalu. Hal ini tentu saja supaya operasional sekolah dapat berjalan dengan lancar. Namun kenyataannya hingga saat ini, ratusan MI di Garut masih belum menerimanya. Padahal sejak awal Maret, kegiatan Madrasah kian padat. Dan para kepala MI pun hanya bisa berharap dana BOS itu dapat segera cair.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post