Kampung Bibit Panggilingan

Kabupaten Garut merupakan salah satu daerah agraris di Indonesia. Berbagai jenis tanaman pertanian tumbuh subur di daerah ini. Mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, padi, dan berbagai macam tanaman palawija lainnya banyak ditemukan di salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat ini.

Salah satu daerah penghasil sayuran di Garut adalah kecamatan Pasirwangi. Keadaan alam di kecamatan Pasirwangi memang sangat mendukung untuk pertumbuhan tanaman sayur. Daerahnya yang merupakan pegunungan menjadi salah satu penyebabnya.

Ada yang unik dengan pertanian sayur di kecamatan Pasirwangi ini. Hal itu dengan adanya kampung yang khusus membudidayakan benih sayuran. Kampung tersebut adalah kampung Panggilingan desa Pasirwangi kecamatan Pasirwangi. Dan oleh karena kekhasannya itu, kampung Panggilingan juga dikenal sebagai Kampung Bibit.

Ibu Beti adalah salah seorang  warga kampung Panggilingan yang memiliki usaha membudidayakan benih sayuran. Ibu Beti ini menyediakan berbagai jenis benih sayuran siap tanam. Diantaranya benih kol, benih cabe, benih tomat, benih kembang kol, dan sayuran lainnya. Sehingga dengan usahanya tersebut para petani sayuran menjadi mudah mendapatkan suplai benih sayuran. Dengan demikian banyak petani yang telah menjadi langganan benih sayurannya.

Dengan adanya kampung Panggilingan sebagai kampung bibit, para petani sayuran menjadi terbantu dalam usahanya. Sehingga dengan demikian pertanian sayur dapat semakin meningkat.


DIBACA SEBANYAK:


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post