Raskin Garut Diduga Dikorupsi

Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) adalah beras murah yang diperuntukkan khusus bagi masyarakat miskin. Beras ini duhargai Rp 1.600,- per kilogramnya. Namun dalam prakteknya, beras ini dijual dengan harga Rp 2.500 - 3.000 per kilogramnya.

Miris, tak hanya harganya yang dinaikkan, namun juga timbangan setiap karungnya juga dikurangi. Setiap karung Raskin yang seharusnya berisi 15 kg, kenyataannya warga miskin hanya menerima 14 - 12,5kg dari setiap karungnya. Ini artinya dari setiap karung dikurangi timbangannya sebanyak 1 - 2,5kg.

Menurut Sekjen Garut Govermance Watch (GGW), Agus Rustandi, mengungkapkan adanya pengurangan timbangan yang mencapai 5,2 juta kg. Kerugian negara dari jumlah tersebut mencapai Rp 8,3 miliar.

Pemerintah pun bukannya tak melakukan pengawasan atas kasus ini. Untuk setiap pendistribusian, pemerintah mengalokasikan anggaran dari APBN maupun APBD khusus untuk pengawasan. Namun pada kenyataannya hingga kini pengurangan timbangan Raskin itu masih terus terjadi. Warga miskin pun hanya bisa pasrah menerimanya.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post