Banyak Cabup Independen, Warga Garut tak Percaya Parpol?

KPU kabupaten Garut mencatat hingga batas akhir pendaftaran peserta Pilbup 2013 , Jumat (9/5) pukul 24.00 WIB, ada 22 pasangan calon dari jalur perseorangan (independen). Ada 21 pasangan calon diantaranya menyerahkan seluruh berkas persyaratan, dan ada 1 pasang calon yang hanya mendaftar secara resmi saja ke KPU tanpa melengkapi berkas.

Dengan melihat banyaknya calon dari jalur independen, apakah masyrakat Garut sudah tak percaya dengan Partai Politik (Parpol)? Atau mungkin pasangan calon melihat dari pengalaman Pilbup sebelumnya yang dimenangkan Aceng Fikri yang dari pasangan non Parpol?

Jika kita melihat struktur pemerintahan, kepala daerah tak bisa berjalan sendiri dalam menjalankan pemerintahan. Kebijakan-kebijakannya harus dibahas bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Padahal anggota DPRD sendiri merupakan pilihan rakyat dari jalur Parpol, yang mau tidak mau kebijakannya disesuaian dengan kepentingan Parpol yang mengusungnya. Semakin banyak anggota dewan dari suatu Parpol, maka kemungkinan besar kebijakan yang berjalan pada akhirnya adalah yang sesuai dengan kepentingan Parpol itu.

Berdasarkan pemaparan di atas, kepala daerah dari jalur independen takkan efektif dalam memimpin pemerintahan. Tetap saja pada akhirnya Parpol lah yang sebenarnya menyetir jalannya pemerintahan.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post