Kenaikan Harga BBM Tinggal Menunggu Dana Kompensasi Disetujui DPR

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik, menyatakan bahwa kenaikan harga BBM tak perlu menunggu persetujuan DPR. Menurutnya hari ini pun harga BBM itu bisa dinaikkan.

Kenaikan harga BBM dilakukan pemerintah untuk mengurangi dana subsidinya. Nantinya dana susbsidi itu akan diperuntukkan bagi sektor pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Dengan demikian diharapkan rakyat golongan ekonomi menengah ke bawah lah yang menikmati dana subsidi itu.

Jero Wacik menambahkan bahwa kenaikan harga BBM tinggal menunggu persetujuan DPR mengenai  anggaran dana kompensasinya. Dana kompensasi itu nantinya  akan langsung dibagikan kepada masyarakat miskin dan yang membutuhkan. Dana itu akan berupa Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dan juga raskin.

Namun, bersamaan dengan rencana kenaikan harga BBM, ada Peraturan Menteri ESDM RI No. 1 Th. 2013, yang menjelaskan bahwa tidak semua kendaran dilarang menggunakan BBM bersubsidi. Artinya ada beberapa tipe kendaraan yang masih diperbolehkan untuk menggunakan BBM bersubsidi. Peraturan Menteri tersebut pun telah disosialisasikan di seluruh SPBU Pertamina.

Peraturan Menteri di atas, terlihat kurang efektif. Hal itu dikarenakan perlu pengawasan yang ketat dalam menjalankan peraturan tersebut. Tidak semua warga memiliki kesadaran untuk tidak menggunakan BBM bersubsidi. Bahkan warga golongan ekonomi menengah ke atas sekali pun. Bagaimana pun mereka akan mencari cara untuk mendapatkan BBM bersubsidi.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post