Penerbitan NRG Permasalahannya dari Kemdikbud

M. Jasin
Guru peserta sertifikasi di Garut terkendala dengan penerbitan Nomor Registrasi Guru (NRG). Penerbitan NRG sangat dinantikan oleh para guru untuk kelengkapan berkas sertifikasi. Namun hingga saat ini, masih saja ada NRG yang tak kunjung diterima guru. Hal ini terutama dialami oleh guru-guru madrasah.

Menurut Irjen Kementerian Agama, M. Jasin, memaparkan bahwa permasalahan penerbitan NRG dari Kemdikbud (kemenag, 12/6). Hal ini dipaparkan Jasin ketika melakukan sosialisasi di Makasar, Selasa (11/6) yang lalu.

Masalah yang muncul terkait dengan NRG ini, menurut Ahmad Syafi'i, selaku Kasubdit Ketenagaan Pendidikan Madrasah, adalah penerbitan NRG pada praktiknya sering melewati tahun berlangsungnya sertifikasi. Padahal NRG menjadi salah satu syarat guru untuk lulus sertifikasi.

Khusus untuk di lingkungan Kemenag, guru-gurunya tidak bisa mengakses aplikasi sertifikasi guru yang dikelola oleh Kemdikbud. Dengan demikian, proses penerbitan NRG membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, pihak Kemenag telah melakukan kerja sama teknis dengan pihak Kemdikbud supaya NRG dapat diterbitkan lebih cepat. Selain itu juga guru-guru madrasah dapat diberikan akses pada aplikasi sertifikasi guru.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post