MK Gelar Sidang Gugatan, KPUD Garut Hentikan Proses Pilbup Putaran Dua

Hari Kamis (26/9) ini, Mahkamah Konstitusi (MK) gelar sidang gugatan terhadap KPUD Garut. Gugatan sendiri diajukan oleh salah satu pasangan calon bupati putaran pertama, yaitu pasangan Memo Hermawan dan Ade Ginandjar.

Rafael Situmorang, selaku kuasa hukum penggugat menjelaskan bahwa gugatan didasari oleh proses Pilbup putaran pertama yang dinilai banyak terdapat kejanggalan dan kecurangan dalam tahap penghitungan suara. Selain itu, tim Memo-Ade juga menemukan bukti adanya indikasi yang melibatkan hampir seluruh Kepala Desa di kabupaten Garut digiring ke salah satu pasangan. Pihak Memo-Ade pun yakin bahwa gugatannya akan dikabulkan MK. Sehingga dengan demikian tidak menutup kemungkinan dilakukan Pilkada ulang, atau penggantian pasangan calon pada putaran dua.

Jajaran KPUD Garut menyatakan siap dalam menghadapi gugatan. Pihaknya mengklaim telah melakukan tindakan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan. Dengan demikian pihak KPUD Garut yakin akan memenangkan sidang yang digelar MK tersebut.

Dikarenakan pihak KPUD Garut mengikuti sidang gugatan, proses tahapan dua Pilbup Garut terpaksa dihentikan untuk sementara. Setelah keluar keputusan sidang, baru proses akan kembali dilanjutkan.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post