Garut Merupakan Kabupaten Paling Beresiko Terkena Bencana Alam

Seminar yang bertajuk "Pengurangan Resiko Bencana untuk Investasi Ketangguhan Bangsa", digelar di Aula Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, pada Rabu (30/10). Seminar ini dihadiri oleh ratusan orang peserta dari berbagai elemen masyarakat. Para peserta pun bebas memberikan saran dan sanggahan dalam mencari solusi dalam pengurangan resiko bencana alam.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut sekaligus pemateri, Dik Dik Hendrajaya, menjelaskan bahwa Garut merupakan satu kabupaten di Indonesia yang paling beresiko dan rawan terkena bencana alam. Oleh karena itu, pihaknya menyelenggarakan seminar pengurangan resiko bencana.

Selain Kepala Pelaksana BPBD, pemateri lainnya juga ikut berpartisipasi dalam forum tersebut. Mereka diantaranya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Garut, Komandan Kodim Kabupaten Garut, dan perwakilan dari Forum Penanggulangan Bencana tingkat nasional.

Forum penanggulangan bencana alam sudah mulai dirintis di Kabupaten Garut. Sebelumnya forum semacam ini telah dilaksanakan di beberpa kota dan kabupaten di Jawa Barat. Diantaranya saja di Kota Tasik, Cianjur, Bogor, dan di daerah lainnya yang juga dikategorikan sebagai tempat rawan bencana alam.

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post