Jalan Pasirwangi Kini tak Bertuan

Jalan Pasirwangi adalah salah satu jalan raya terbaik yang ada di Kabupaten Garut. Jalan yang terbentang di wilayah Kecamatan Pasirwangi itu keadaannya selalu mulus terawat. Hal ini dikarenakan jalan tersebut senantiasa berada dalam kontrol PT. Chevron Geothermal Indonesia (CGI).

Namun sayang, itu adalah keadaan beberapa tahun silam. Pada saat ini jalan yang terletak di bagian barat Kabupaten Garut itu keadaannya cukup memprihatinkan. Selain terjadi penyempitan akibat tidak pernah dilakukan pengerukan, permukaannya pun jauh dari kata mulus. Lubang-lubang, cekungan, dan retakan, kini terlihat hampir di sepanjang Jalan Pasirwangi.

Bukan tanpa sebab, pembangunan tempat pemandian dan taman air panas di wilayah Darajat Kecamatan Pasirwangi disinyalir menjadi biang keladinya. Bagimana tidak, kini kendaraan-kendaran pengunjung tempat wisata air panas itu senantiasa memadati Jalan Pasirwangi. Apa lagi banyak dari kendaraan-kendaraan pengunjung itu adalah bertipe bis. Sehingga lama-kelamaan jalan pun tak kuat lagi menahan beban yang selalu melintasinya. Alhasil, jalan pun rusak memprihatinkan.

PT. CGI kini seolah-olah lepas tangan dengan kerusakan Jalan Pasirwangi. Hal itu logis dilakukan karena mayoritas pengguna jalan kini adalah para turis tempat wisata. Sedangkan kendaraan warga Kecamatan Pasirwangi dan kendaraan karyawan PT. CGI tak begitu dominan melintasi Jalan Pasirwangi tersebut.

Pemerintah Daerah maupun pihak swasta pengelola tempat wisata pun terkesan tutup mata dengan keadaan jalan. Tak pernah terlihat ada langkah kedua belah pihak untuk memperhatikan kerusakan yang terjadi. Sehingga hasilnya, keadaan jalan pun semakin memburuk. Masyarakat Pasirwangi pun hanya bisa pasrah menerimanya.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post