Butuh Dana Rp 2 Milyar untuk Perbaiki Jalan Longsor Cisewu

Memasuki hari ke-8 sejak terputusnya akses Jalan Cikawung Garut, pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas Binamarga mulai melakukan perbaikan terhadap badab jalan. Targetnya 2 minggu ke depan akses jalan lama yang menghubungkan Garut dengan Bandung bisa dilalui oleh kendaraan. Untuk rekonstruksi jalan tersebut, dibutuhkan dana Rp 2 milyar.

Perbaikan dilakukan dengan memfokuskan pada 2 tempat di sekitar lokasi longsor. Keduanya yaitu di atas badan jalan dan di dasar sungai Cikawung.

Rencananya pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Dinas Binamarga akan kembali merekonstruksi jalan yang longsor akibat pengikisan sungai Cikawung, yang menyebabkan terputusnya jalan dan ambruknya 4 rumah warga sejak Kamis pekan lalu.

Karena tidak ada lagi jalan alternatif, maka terpaksa pemerintah menggunakan kembali jalan yang telah longsor untuk akses transportasi, yang perbaikannya ditargetkan selama 2 minggu.

Perbaikan jalan tersebut dibutuhkan dana sebesar Rp 2 milyar. Dinas Binamarga telah mengajukan anggaran tersebut kepada pemerintah provinsi Jawa Barat pada tahun anggaran 2014.

Jalan yang diperbaiki ini nantinya akan dipermanenkan kembali seperti semula guna melancarkan arus transportasi di 2 kecamatan, yaitu Cisewu dan Talegong. Hal ini disampaikan oleh pihak Dinas Binamarga, Guntoro (27/12).



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post