Sapma Pemuda Pancasila Kabupaten Garut Gelar Silatda

Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila Majelis Pimpinan cabang Garut menggelar kegiatan Silatda yang diikuti Sapma dari 12 kota di Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu pagi (7/12) di Hotel Ngamplang.

Kegiatan tersebut menurut salah seorang pengurus Sapma berlatar belakang untuk pembahasan pelestarian budaya seni Sunda Garut yang mulai diklaim oleh daerah lain.

“Kegiatan ini sebetulnya berangkat dari rasa sakit hati kami Sapma Garut. Ada beberapa seni budaya kami sendiri yang diklaim oleh kota-kota lain. Bukan tidak boleh diklaim, tapi ketika domba Garut disebut domba Priangan, kami sangat prihatin, berarti kami sebagai pemuda belum bisa menjaga seni dan budaya Garut. Apalagi Lais yang notabene berasal dari Garut dari daerah Cibatu atau Wanaraja dan diklaim oleh kota lain, itu yang membuat kami mempunyai keinginan seperti ini”.

Sapma kabupaten Garut berencana bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Garut untuk melestarikan budaya dan seni Sunda di Kabupaten Garut.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post