Musim Hujan Menguntungkan Petani Pare di Banyuresmi


Hujan yang mengguyur petani pare di kawasan Banyuresmi sudah ketiban untung. Pasalnya saat musim hujan tanaman menghasilkan buah yang lebih besar dan padat. Buah pare yang besar dan panjang merupakan 2 indikator bahwa tak lama lagi petani akan memanen pare dengan kualitas tinggi.

Menurut  Mamat (40), salah seorang petani pare, pada musim hujan seperti sekarang ini, hasil panen sangat bagus. Menurutnya, pertumbuhan pare menjadi lebih cepat dan subur. Tentu saja hal tersebut sangat menguntungkan.

Jarak tanam pare hingga produksi kurang lebih 2 bulan. Tumbuhan pare bisa dipanen lebih dari 30 kali panen. Mamat menuturkan dari lahan 200 bata bisa menghasilkan buah pare sekitar 1 kuintal.

Dari segi harga, tanaman pare mengalami peningkatan. Per kilonya bisa mencapai hingga Rp 3.500. Harga ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan ketika musim kemarau. Harganya paling mahal hanya sekitar Rp 2.000 per kilo.

Pak Mamat biasa menjual pare hasil panennya ke pasar Caringin Bandung. Seperti panen hari ini, meskipun hanya mendapat 2 karung, hasilnya tetap dikirim ke Bandung.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post