Satlantas Polres Garut Pasang Tiang Keselamatan


Jika Anda tengah berkunjung ke kota Garut dan menjumpai kemacetan, jangan kaget jika tiba-tiba terdengar suara perempuan yang mengingatkan Anda tetap waspada. Suara itu berasal dari rambu lalu lintas yang diberi nama “Tiang Keselamatan”. Rambu tersebut sudah dipasang sejak akhir tahun 2013 yang lalu.

Rambu Tiang Keselamatan sudah dipasang di 20 titik rawan macet dan rawan kecelakaan di kabupaten Garut. Rambu Tiang Keselamatan mengingatkan para pengguna jalan agar mentaati peraturan lalu lintas. Misalnya saja jangan pakai HP saat berkendara, pakai sabuk pengaman, pakai helm SNI, nyalakan lampu bagi sepeda motor, serta peringaan lainnya.

Rambu tiang keselamatan terdiri dari speaker aktif dan lampu silang. Sebagai pengisi daya, Rambu Tiang Keselamatan tidak memakai listrik PLN tetapi memakai panel surya (solar cell). Kalau ada tiang keselamatan berarti jalan tersebut rawan kemacetan atau rawan kecelakaan.

Pihak Satlantas Polres  Garut mengajak menghimbau masyarakat untuk ikut menjaga keberadaan Rambu Tiang Keselamatan. Sebab pengadaan rambu lalu lintas teranyar tersebut merupakan salah satu inspirasi Satlantas Polres Garut untuk mengurai kemacetan dan untuk mengurai angka kecelakaan lalu lintas.

Pemanfaatan Rambu Tiang Keselamatan akan lebih dimaksimalkan lagi untuk hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan publik. Diantaranya saja seperti mengingatkan para pengendara jika telah memasuki waktu shalat.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post