Pelayanan Listrik PLN di Kecamatan Pasirwangi Sangat Buruk

Kecamatan Pasirwangi kabupaten Garut merupakan daerah penghasil listrik ratusan Megawatt (MW). Daya listriknya sendiri dihasilkan dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Darajat.

Meskipun menjadi salah satu pemasok listrik di Indonesia, kecamatan Pasirwangi tak lantas bisa menikmati pelayanan listrik yang memadai. Gangguan pelayanan listrik mulai dari tegangan turun hingga pemadaman listrik pun kerap terjadi.

Warga di kecamatan Pasirwangi sangat geram dengan buruknya pelayanan listrik PLN ini. Mereka menganggap PLN di wilayahnya tak sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan.

Menurut Yanti (32), salah seorang warga desa Pasirwangi, menuturkan bahwa listrik yang padam baru ditangani pihak PLN setelah mereka diberitahu lewat telepon  bahwa listrik padam.

"Ya, PLN sekarang pelayanannya semakin buruk. Bahkan untuk membetulkan listrik yang padam saja, mereka harus ditelpon dulu. Hal itu pun sangat lama hingga listrik nyala kembali".

Hal senada dikeluhkan Sahar (22), warga Pasirwangi lainnya. Menurutnya, perlu proses yang rumit untuk bisa mengatasi gangguan listrik dengan cepat. Sampai-sampai dirinya harus menghubungi nomor 123 dulu.

"Kalau menghubungi PLN lokal itu responnya kurang cepat dalam membetulkan gangguan. Bisa mencapai waktu lebih dari sehari semalam listrik tetap padam. Tapi kalau saya menghubungi nomor pengaduan PLN 123, responnya sangat cepat. Hanya beberapa jam saja paling lama, listrik langsung nyala. Namun setelah itu pihak PLN untuk daerah pelayanan Pasirwangi langsung menelepon saya dan marah-marah. Katanya jangan menelepon 123 jika ada gangguan, hubungi nomor ini (nomor PLN Leles) saja".

Entah apa yang menyebabkan seringnya terjadi gangguang listrik di kecamatan Pasirwangi. Warga pun dibuat kecewa dengan masalah tersebut. Apa lagi pihak PLN setempat tak pernah memberikan informasi terkait pemadaman listrik. Bahkan untuk pemadaman yang waktunya lama sekali pun.



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post