Pembuatan Akte Kelahiran di Garut Akan Digratiskan

Akte kelahiran pada saat ini menjadi sesuatu yang "wajib" dimiliki. Hal ini terutama oleh anak-anak di usia sekolah. Untuk melakukan pendataan di sekolah-sekolah, siswa kerap dimintai foto kopi akte kelahirannya. Hal ini dilakukan guna mengakuratkan data siswa bersangkutan. Terutama nama dan tanggal lahir siswa yang akan diletakkan di ijazah ketika siswa tersebut lulus.

Namun, kenyataannya di Garut saat ini myoritas siswa sekolah/madrasah tidak memiliki akte kelahiran. Penyebabnya pun beragam di tiap daerah. Mulai dari mahalnya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat untuk mengajukan pembuatan akte, hingga jauhnya akses untuk mendapatkan kutipan bukti kelahiran tersebut.

Setelah dilantiknya bupati Garut yang baru, H. Rudi Gunawan, nampaknya ada hal yang menggembirakan warga Garut terkait pembuatan akte kelahiran. Rencananya, H. Rudi Gunawan akan menggratiskan pembuatan akte kelahiran. Selain itu juga, dalam waktu 100 hari setelah pelantikan dirinya dan dr. Helmi Budiman selaku wakilnya, akses pembuatannya pun akan dipermudah. Hal ini khususnya bagi warga yang tinggal jauh di pelosok-pelosok.

Dijelaskan H. Rudi Gunawan, pembuatan akte kelahiran yang digratiskan tersebut adalah salah satu programnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Memang, dalam menjalankan programnya, beliau mengaku berbagi tugas dengan wakilnya, dr. Helmi Budiman.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post