Entik Karyana jadi Tersangka Dugaan Korupsi Proyek Buku

Entik Karyana adalah seorang tersangka dugaan mark up dana proyek pengadaan buku SMP di lingkungan Disdik Garut. Menurut penyidik Mabes Polri pada Senin (24/3), dengan perbuatan yang dilakukan Entik, negara dirugikan Rp 2 miliar.

Penyidik Bareskrim Divisi Tipikor Mabes Polri kini sedang melakukan penyidikan lebih lanjut terhadap kasus dugaan korupsi ini. Dalam pengembangan yang dilakukan, tak menutup kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini. Meski demikian, pihak Mabes Polri belum melakukan penahanan terhadap Entik.

Awal mula terungkapnya kasus ini adalah adanya kecurigaan bahwa buku terus saja digudangkan tanpa dikirimkan ke sekolah. Setelah penyidik datang, baru buku tersebut dibagi-bagikan. Padahal penyelidikan sendiri dilakukan sejak tahun 2012 yang lalu.

Proyek pengadaan buku ini bernilai Rp 7,7 miliar lebih. Banyak ketimpangan yang dilakukan terhadap proyek ini. Diantaranya saja realisasi proyek tak sesuai dengan kontrak. Selain itu, spesifikasi bukunya pun tidak sesuai.

Di Dinas Pendidikan kabupaten Garut, Entik adalah Kepala Bidang Pendidikan Menengah. Selain itu Ia juga adalah Pejabat Pembuat Komitmen dan Kuasa Pengguna Anggaran.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post