Baso Tahu Domba jadi Icon Baru dari Garut


Selain dodol dan jeruk garutnya, icon lain dari Kabupaten Garut yaitu domba. Hewan yang satu ini dikenal jago di arena ketangkasan adu doma. Namun siapa sangka, dagingnya yang empuk dan gurih ternyata mampu memberikan inspirasi bagi seorang pedagang baso tahu untuk memadukan antara baso tahu dengan daging domba garut. Sehingga terciptalah baso tahu domba.

Warungnya terletak di Jalan Papandayan Kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut. Setiap hari, apa lagi pada hari libur, warung jajanan yang dikelola oleh Agus Ruhiyat bersama keluarganya itu selalu ramai pengunjung. Kebanyakan dari mereka merasa penasaran dengan rasa baso tahu domba. Apa lagi bukan hanya orang dewasa namun anak-anak pun menikmatinya, karena dijamin baso tahu domba ini aman untuk kesehatan anak-anak.

Setiap harinya, tidak kurang dari 300 porsi baso tahu dan syomai daging domba habis diburu pelanggan. Rasa dagingnya yang gurih dan empuk berpadu dengan bumbu kacang yang lembut membuat baso tahu daging domba ini mampu memberikan sensasi rasa yang berbeda dengan baso tahu ikan pada umumnya. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu satu porsi baso tahu domba seharga Rp 7.500,-.

Menurut salah seorang pelanggan, Ai Umi (23), rasa baso tahu domba ini berbeda dengan rasa baso tahu lainnya. Menurutnya, meskipun terbuat dari daging domba yang identik dengan baunya, namun tidak tercium di baso tahu ini, malah terasa gurih.

“Rasanya beda ya. Yang biasa saya makan sebelumnya baso tahu ikan biasa, yang sekarang domba lebih gurih tanpa ada bau domba sedikit pun. Jadi kan domba biasa identiknya bau gitu, namun baso tahu ini sama sekali gak ada bau daging domba sama sekali.”



SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post