Cikelet Berpotensi Hasilkan Listrik Terbesar di Pulau Jawa


Mengingat masih banyak daerah yang belum dapat teraliri listrik di Kabupaten Garut, khususnya di daerah Garut Selatan, hal ini membuat wakil bupati Garut, dr. Helmi Budiman akan mengupayakan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Pembangkit Listrik Tenaga Angin.

Telah diuji coba ternyata di Kabupaten Garut, khususnya Garut Selatan, mempunyai potensi untuk membuat pembangkit dengan energi angin tersebut. Menurut dr. Helmi, pihaknya tengah merintis langkah bersama investor untuk mengadakan Pembangkit Listrik Tenaga Angin (15/11).

“Kita sedang merintis, hubungan dengan investor. Di Kabupaten Garut ini ada potensi listrik dari angin. Saya sudah ada proposalnya, ternyata Garut ini punya 150 Megawatt potensi untuk listrik lewat angin.”

Selain itu, menurut Helmi, potensi yang terdapat di daerah Cikelet tersebut, merupakan potensi listrik terbesar yang ada di pulau Jawa.

“Itu di daerah Cikelet. Ini sudah kita  tindak lanjuti, mudah-mudahan karena ini juga kebetulan daerah selatan, dan ini potensinya sudah ada penelitian. 150 MW itu paling besar di pulau Jawa.”

Rencananya pada tahun 2016, pengadaan proyek tersebut akan dapat terealisasikan. Hal ini dikarenakan cukup memprihatinkannya masih banyak masyarakat yang belum memiliki listrik.


SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post