Mantap! Mendes Marwan Dorong Kawasan Ekonomi Khusus Perbatasan

Mantap! Mendes Marwan Dorong Kawasan Ekonomi Khusus Perbatasan

Menteri Desa PDTT, Marwan Jafar pada Border Investment Summit, Pengembangan Potensi dan Peluang Investasi di Daerah Perbatasan yang digelar Kementerian Desa PDTT di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (3/11). (Ist)‏Menteri Desa PDTT, Marwan Jafar pada Border Investment Summit, Pengembangan Potensi dan Peluang Investasi di Daerah Perbatasan yang digelar Kementerian Desa PDTT di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa, (3/11). (Ist)‏ Menjadikan perbatasan sebagai beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki makna sangat dalam dan luas. Perbatasan tidak hanya sebagai pos tapal batas, namun harus menjadi pusat aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya secara bersamaan. Hal ini penting mengingat perbatasan adalah corong utama bagi negara lain untuk melihat Indonesia secara keseluruhan. Pemaknaan inilah yang kemudian melandasi komitmen Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla menempatkan perbatasan sebagai prioritas kerja yang termaktub dalam konsep Nawa Cita.
Komitmen pemerintah ini kemudian menginisiasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) untuk membuka peluang kepada investor untuk meningkatkan investasinya di daerah perbatasan. Bahkan, Kemendesa PDTT mendorong dibuatnya regulasi khusus dalam mewujudkan kebijakan asimetris yang menarik dan memudahkan dunia usaha menanamkan modalnya di daerah perbatasan.

"Seharusnya juga sama seperti pengembangan kawasan strategis lainnya, misalnya perbatasan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus yang memungkinkan investasi di daerah perbatasan memperoleh fasilitas dan kemudahan fiscal. Bisa melalui penerbitan paket kebijakan ekonomi yang berpihak kepada investasi di daerah perbatasan lebih lanjut," ujar Menteri Desa PDTT, Marwan Jafar di Jakarta,

__._,_.___

Posted by: Demi Tanah Air <demitanahair@yahoo.com>

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post