Dana BOS Madrasah di Garut Rencananya Kembali Disalurkan Bank BNI

Tahun Anggaran 2015 bisa dikatakan tahun terburuk penyaluran dana BOS bagi madrasah. Tanpa terkecuali di kabupaten Garut. Selain lambat, prosedur pengajuan dan pencairannya pun jauh lebih sulit dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya sampai di situ, bank penyalur dana BOS di tahun 2015 pun tidak lagi oleh BNI melainkan oleh bank BTN. Selama periode penyalurannya, bank BTN ini seolah kewalahan. Bagaimana tidak, banyak madrasah yang kecewa dengan sistem pelayanan bank BTN tersebut. Banyak madrasah yang tidak bisa mencairkan seluruh dana BOS-nya. Bahkan lebih parah lagi, banyak madrasah yang sama sekali tidak bisa mencairkan dana BOS-nya, dan harus menunggu jadwal ulang pencairannya. Menurut petugas bank setempat, hal tersebut disebabkan terbatasnya uang tunai yang dimiliki BTN. Hal tersebut tidak pernah terjadi selama dana BOS madrasah disalurkan oleh bank BNI.

Di tahun anggaran 2016 ini, madrasah di Garut boleh bernapas lega. Kemenag Kantor Kabupaten Garut melalui seksi pendidikan madrasah resmi mengumumkan agar madrasah kembali membuka rekening bank BNI. Sontak hal ini disambut gembira oleh pihak madrasah di kabupaten Garut.

Pembukaan rekening baru BNI ini dijadwalkan pada Sabtu (13/2) di bank BNI Cabang Garut. Antusias madrasah pun terlihat cukup tinggi. Sejak pagi hingga menjelang sore, kerumunan orang terlihat di halaman bank. Mereka rela berpanas-panasan menunggu giliran untuk bisa memasuki bank, karena di dalam bank sendiri tampak penuh berjejal. Selain oleh para kepala dan bendahara madrasah, bank BNI juga dipenuhi oleh siswa yang mendapat jadwal pencairan BSM.
Keadaan dalam bank BNI pada Sabtu (13/2)
Oleh karena berjejalnya orang bahkan sampai ada yang pingsan, tidak sedikit madrasah yang harus mengurungkan niatnya untuk membuka rekening pada hari tersebut. Para kepala dan bendahara madrasah yang belum berhasil membuka rekening, pada hari ini, Senin (15/2), para kepala dan bendahara madrasah ini bisa kembali mendatangi bank BNI. Pada hari ini keadaan bank tidak sepenuh hari Sabtu yang lalu.

SHARE THIS

Author:

Previous Post
Next Post